Binary System with Autosampler dalam HPLC

Binary System with Autosampler dalam HPLCDalam dunia analisis kimia yang terus berkembang, teknologi berperan penting dalam mengurai kompleksitas sampel. Salah satu metode yang umum digunakan adalah Kromatografi Cair Berperforma Tinggi (HPLC). Salah satu produk HPLC yang ideal untuk anda gunakan adalah Barcov HPLC BRQ-4000. Artikel ini akan membahas “Binary Sistem With Autosampler” dalam HPLC secara sederhana, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pemula. Mudah-mudahan bisa memberikan sekilas gambaran tentang mekanisme kerja HPLC. Yuk kita mulai…

binary-system-with-autosampler-dalam-hplc
Gambar Ilustrasi Binary System with Autosampler dalam HPLC

Pengenalan Binary System With Autosampler dalam HPLC

Istilah “Sistem Biner”  atau “Binary System” mengacu pada HPLC dengan 2 buah pompa(pump), sedangkan isocratic dan quartenary sama-sama memiliki 1 pompa. Pada HPLC dengan type binary sistem pompa tersebut digunakan untuk mengalirkan 2 jenis larutan atau fase gerak yang tersimpan pada botol bagian atas HPLC. Sedangkan pada HPLC type isocratic hanya terdapat 1 pompa untuk mengalirkan 1 jenis fase gerak. Lain halnya dengan tipe binary dan isocratik, tipe quarternary memang hanya menggunakan 1 buah pompa tapi terdapat gradient valve yang bisa digunakan untuk katup buka-tutup 4 jenis fase gerak.

Berikut adalah gambaran sederhana dari ketiga jenis tipe pompa pada HPLC :

Perbedaan Jenis pompa pada HPLC
Ilustrasi Perbedaan Jenis Pompa HPLC

Bagaimana Sistem Ini Bekerja?

HPLC beroperasi dengan memisahkan senyawa-senyawa dalam sampel berdasarkan karakteristik kimianya. Dalam sistem biner terdapat dua jenis pelarut(solvent) yang berbeda digunakan untuk melewatkan sample ke column oven. Autosampler secara otomatis mengambil sampel dan memasukkannya ke dalam sistem HPLC sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Hasilnya nanti akan ditampilkan dalam bentuk kromatogram.

Lihat Produk HPLC : Barcov HPLC BRQ-4000

Manfaat Binary System With Autosampler

  1. Analisis yang Lebih Mendalam: Penggunaan pelarut yang berbeda memungkinkan analisis yang lebih rinci tentang komponen-komponen dalam sampel.
  2. Peningkatan Akurasi: Kombinasi pelarut-pelarut yang tepat dapat meningkatkan akurasi dan keandalan hasil analisis.
  3. Efisiensi Waktu: Penggunaan autosampler menghemat waktu dan upaya dalam proses pengambilan sampel.

Aplikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Binary Sistem With Autosampler memiliki berbagai aplikasi dalam berbagai bidang:

  1. Industri Farmasi: Digunakan untuk menguji keaslian obat-obatan dan mengukur konsentrasi bahan aktif dalam formulasi.
  2. Pangan dan Minuman: Berguna dalam mengidentifikasi komponen-komponen dalam makanan dan minuman, seperti pewarna dan zat tambahan.
  3. Analisis Lingkungan: Digunakan untuk memantau kualitas air dan tanah, membantu mengidentifikasi kontaminasi dan polutan.

Sistem Biner dengan Autosampler adalah alat yang kuat dalam analisis kimia, membantu kita memahami lebih dalam tentang komponen-komponen dalam sampel. Dengan pemahaman tentang prinsip kerjanya, kita dapat mengapresiasi peran pentingnya dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, dari pengujian obat hingga menganalisis bahan makanan dan menjaga kualitas lingkungan.

Dibuat Oleh : FK

Oke Sobat Barcov, apakah sudah paham mengenai Binary System with Autosampler dalam HPLC? Semoga sudah paham ya tentang metode HPLC yang satu ini. Sebagai informasi tambahan, bagi sobat yang berniat membeli alat HPLC, bisa melihat demo unit alat HPLC pada Andaru Persada Mandiri. Contact whatsapp yang bisa dihubungi 0877-7727-7740, atau kunjungan dengan melihat alamat pada google maps.

15 Comments

  1. Bagaimana cara anda membuat artikel ini, bisa mudah ditemukan.
    Semoga semakin banyak artikel lainnya yang bisa saya baca.

  2. Artikel yang sangat menarik, bisakah anda memberikan saya penjelasan lebih detail mengenai perbedaan ketiga jenis hplc tersebut pada aplikasi-aplikasi yang sering dilakukan di laboratorium?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *